BUDIDAYA LELE

Minggu, 14 Maret 2010

BUDIDAYA LELE

Lele dumbo didatangkan ke Indonesia tentu saja untuk dikembangkan dalam rangka diversifikasi produk ikan air tawar dalam upaya pemenuhan kebutuhan konsumsi ikan. Pemenuhan gizi masyarakat yang menyukai jenis lele dumbo ini karena rasa yang gurih dan khas menjadi alasan untuk membudidayakan jenis ikan ini. Faktor teknis yang relatif mudah dan dapat dipelajari dalam waktu yang singkat juga memberi semangat untuk banyak melakukan praktek budidaya lele dengan tujuan beragam seperti menambah penghasilan, usaha sampingan  bahkan sebagai tumpuan usaha utama.

Budidaya lele merupakan suatu upaya pelestarian dan usaha memproduksi ikan lele. Kegiatan utama yang terkait dalam usaha budidaya lele adalah kegiatan pengadaan dan pemeliharaan induk lele, pembenihan lele, dan pembesaran lele.

Pada usaha budidaya lele segmen pembesaran lele dumbo untuk kapasitas produksi 7-10 ton per bulan diperlukan tenaga kerja 1 orang, ditambah tenaga 2-3 orang saat perbaikan kolam, panen, dan penataan infrastruktur lainnya. Usaha budidaya lele merupakan salah satu usaha yang membuka banyak peluang lapangan pekerjaan. Kondisi ini juga berlaku pada usaha pembenihan lele, distribusi dan pemasaran pasca panen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar